PROFIL PDUI Cabang Banten

Keberadaan UU Nomor 29 tahun 2004 tentang praktek kedokteran memberikan perlindungan hukum terhadap profesi di satu sisi dan tuntutan pengembangan profesi di lain pihak yang mengarahkan dokter untuk mengembangkan strategi pengembangan profesi.

Atas dasar tuntutan profesi yang mengarahkan dokter umum untuk mengembangkan dirinya sebagai professional yang mampu menjawab kebutuhan layanan kesehatan masyarakat dibutuhkan sebuah organisasi yang mewadahi para dokter umum tersebut.

Saat ini dibawah Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ) wadah seluruh dokter berhimpun tercatat lebih dari 122.000 dokter dari berbagai macam disiplin ilmu, dan lebih dari 89.000 dokter diantaranya adalah dokter umum yang tersebar di seluruh Indonesia.

Seperti kita ketahui dibawah Ikatan Dokter Indonesia berhimpun berbagai organisasi spesialis dan seminat dari berbagai cabang ilmu kedokteran yang secara khusus mengelola disiplin ilmunya.  Dengan hal tersebut memudahkan IDI sebagai organisasi induk untuk menentukan kebijakan-kebijakan maupun program-program yang dibutuhkan oleh profesi dokter Indonesia secara keseluruhan.

Terkait dengan situasi tersebut, dengan didasari semangat serta kesadaran yang tinggi beberapa dokter umum berkumpul di Jakarta menggagas perlunya sebuah organisasi dokter umum dibawah IDI untuk mengembangkan dirinya sebagai profesional yang mampu menjawab kebutuhan layanan kesehatan masyarakat.  Langkah pertama dilakukan sebuah Lokakarya Dokter Umum Indonesia yang dihadiri sekitar 500 orang dokter umum dari berbagai daerah di Indonesia pada Agustus 2007 bertempat di Pusdiklat Departemen Kesehatan Jl. Hang Jebat, Kebayoran, Jakarta.  Kemudian deklarasi PDUI dilakukan di Jakarta pada kegiatan Indo Medica Expo 1st IDI pada 1 Juni 2008 di Jakarta Convention Center.  Dan pada 16 November 2009 sudah dilakukan Kongres I Perhimpunan Dokter Umum Indonesia [PDUI]. Selanjutnya pada Muktamar IDI Nopember 2009 di Palembang, PDUI mendapat pengesahan.

Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Cabang Banten ikut serta dalam pengembangan dokter umum secara Profesional sehingga dapat meningkatkan kemampuan yang maksimal dalam melayani masyarakat Indonesia seutuhnya.